Enhancing Critical Thinking in Society 5.0: An Evaluation of High Order Thinking Skills (HOTS) in Secondary Education
- Abstract Views: 7
- March 24, 2025
Keywords:
Learning Skills, High Order Thinking Skill, StudentsAbstract
References
Adibah, D., & Priyambodo, A. B. (2022, May). Penggunaan Konseling Realitas Berbasis Teknik WDEP untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. In Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1, pp. 29-43).
Andriani, R., Winata, I. W., & Ameliah, I. (2024). Pendampingan Penyusunan Soal Berbasis HOTS untuk Guru IPA SMP di Kota Lhokseumawe: Upaya Peningkatan Kompetensi dan Inovasi Pembelajaran. PUSAKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 7-17.
Arnidah, A., & Anwar, C. R. (2021). Membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui pelatihan soal-soal berbasis HOTS pada guru-guru di Kabupaten Barru. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 978–982.
Ayu, P. E. S. (2019). Keterampilan belajar dan berinovasi abad 21 pada era revolusi industri 4.0. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(1), 77–83.
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order thinking Skills dalam pembelajaran matematika di SMP. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43.
Beddu, S. (2019). Implementasi pembelajaran higher order thinking skills (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik.
Cahyo, A. N., Daulay, S., Novita, S., & Simamora, Y. D. (2021). Kemampuan Mengerjakan Soal Berbasis HOTS Siswa Kelas X SMKN 1 Percut Sei Tuan. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 279–288.
Dasar Setiabudhi, 2(2), 72–85.
Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran berbasis HOTS sebagai bekal generasi abad 21 di masa pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).
Eveline, E., & Suparno, S. (2021). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 1(1), 12–17.
Fani, K. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Pelajaran IPA. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 66–75.
Fardila, A., & Rizal, F. (2021). Hubungan Keterampilan Berpikir Tingkatttinggi (Hots) Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Quantitiy Surveying Dan Manajemen Proyek Jurusan TEKNIK SIPIL FT-UNP. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 108–112.
Fataruba, D. (2017). Penerapan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 1(1).
Fazey, I. (2010). Resilience and higher order thinking. Ecology and Society, 15(3).
Fikri, A. M. K., Sudarti, S., & Handayani, R. a. D. (2022). Analisis deskriptif kemampuan berpikir tingkat tinggi (hots) siswa ma unggulan nurul iman pokok bahasan suhu dan kalor dengan menggunakan taksonomi bloom. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 214-219.
Gusmawan, D. M., Priatna, N., & Martadiputra, B. A. P. (2021). Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Analisa, 7(1), 65–75.
Hendriani, A., Rohayati, E., & Herlambang, Y. T. (2020). Pendidikan dan Keterampilan Berpikir Abad ke-21: Ksatria Siliwangi.
Hendriawan, D. (2019). Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan
Hidayat, I. (2020). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah Pertama. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 52-67.
Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666.
Ismono, I. (2021). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dipadukan dengan Keterampilan Hots terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Studi Literatur. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 10–19.
Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.
Kamid, K., & Sinabang, Y. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127–139.
Komala, L., Budiyanto, A., & Imbron, I. (2023). Pembentukan Generasi Mandiri Dan Kreatif Sesuai Profil Pelajar Pancasila. Dedikasi Pkm, 4(1), 564884.
Kurniati, A., & Supriyatna, A. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Realitas Teknik Want, Direction, Evaluation dan Plant (WDEP) untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 1938-1946.
Kusumadani, A. I., Rahardjo, S. B., Yamtinah, S., & Prayitno, B. A. (2023). Development of High-Order Thinking Skills (HOTs) Instruments with a Socio-Scientific Problem-Based Learning Approach on the Subject of Viruses. Eurasian Journal of Educational Research (EJER)(107).
Madhuri, G., Kantamreddi, V., & Prakash Goteti, L. (2012). Promoting higher order thinking skills using inquiry-based learning. European Journal of Engineering Education, 37(2), 117-123.
Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19. AL-IRSYAD: JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 10(2).
Maryatun, & Purwaningsih, W. (2012). Hubungan Pengetahuan dan Peran Keluarga Dengan Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja Anak Jalanan di Kota Surakarta. Gaster, 9(1), 22–29.
Najahah, L., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesalahan yang Dilakukan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots: Analisis Newman. Natural Science Education Research (NSER), 4(3), 193-208.
Nelissa, Z., & Sarmela, D. (2024). Studi Deskriptif Regulasi Diri Dalam Belajar dan Implikasinya terhadap Pengembangan Layanan Bimbingan dan Konseling. DA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 4(1).
Pratiwi, P. S. V., Suma, K., Gunadi, I. G. A., & Si, S. (2017). Strategi pembelajaran guru fisika: relevansinya dalam pengembangan keterampilan metakognitif dan motivasi belajar siswa SMA negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2), 53-63.
Putra, F. W., Rangka, I. B., Aminah, S., & Aditama, M. H. R. (2023). ChatGPT in the higher education environment: perspectives from the theory of high order thinking skills. Journal of Public Health, fdad120.
Putra, R. A., & Hanggara, A. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Pemahaman Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Kelas X SMAN 1 Baregbeg). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 15(02), 44-50.
Putri, W. (2024). PENGARUH LITERASI MATEMATIKA DAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIAKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Universitas_Muhammadiyah_Mataram,
Ragab, A., Kaid, A., & Sayed, A. K. (2024). Enhancing Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Education: Strategies and Outcomes. TOFEDU: The Future of Education Journal, 3(5), 1488-1499.
Rahmi, Z. (2019). Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. E-Tech, 7(2), 390982.
Rapih, S., & Sutaryadi, S. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 78. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560
Rasdiany, A. N., & Karneli, Y. (2021). Konseling Individual Menggunakan Teknik WDEP untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 5(1), 36-43.
Rochaniningsih, N. S. (2014). Dampak Pergeseran Peran Dan Fungsi Keluarga Pada Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 59–71. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2618
Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). Pembelajaran ipa sd berbasis hots (higher order thinking skills) menjawab tuntutan pembelajaran di abad 21. Seminar Nasional PGSD Unimed, 2(1), 246–311.
Saragih, M., Nst, H. S., Harisma, R., & Hasibuan, M. F. (2021). Desain Model Pembelajaran 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Mahasiswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2), 236-244.
Shidiq, A. S., Masykuri, M., & VH, E. S. (2015). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) menggunakan instrumen two-tier multiple choice pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk siswa kelas XI SMA N 1 Surakarta. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 2, 159–166.
Susilowati, Y., & Sumaji, S. (2021). Interseksi berpikir kritis dengan high order thinking skill (hots) berdasarkan taksonomi bloom. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 5(2), 62-71.
Tajudin, N. a. M., & Chinnappan, M. (2016). The Link between Higher Order Thinking Skills, Representation and Concepts in Enhancing TIMSS Tasks. International Journal of Instruction, 9(2), 199-214.
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa stkip pgri sumatera barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2).
Yanti, F., & Alimni, A. (2023). Perbedaan Gaya Belajar Siswa Laki-Laki dan Perempuan pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. 5, 32–42. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v5i1
Yati, D. (2019). Penggunaan teknologi informasi berbasis industri kreatif untuk memudahkan transfer knowledge berpikir hots di man insan cendekia. Paper presented at the Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Refbacks
- There are currently no refbacks.